Selasa, 03 April 2012

ASAL MULA LEGENDA NGLIRIP

ASAL  MULA LEGENDA NGLIRIP

Legenda nglirip berawal dari pertemuan salah satu adipati Tuban dizaman sebelum kerajaan Majapahit. Kala itu sang adipati terpesona melihat kecantikan perawan desa anak dari tokoh sakti di desa Mulya Agung. Perawan tersebut akhirnya di pinang dan dijadikan istri kesekian dari adipati meski menjadi istri adipati namun anak perawan tersebut tak mau  diboyong ke pondopo kadipaten.

Sang anak tersebut memiliki kekasih dari rakyat jelata, tapi hubungan asmaranya ditentang ibu maupun ayahnya sang putri akhirnya pergi dari rumah. Setelah mengetahui kekasihnya konon bernama  JOKO LELONO    tewas dibunuh prajurit kadipaten atas perintah ayahnya.

Sang putri akhirnya bertapa disalah satu goa dibalik air terjun ditengah hutan air terjun nglirip putri yang patah hati ini menutup diri menolak ditemui siapapun. hingga kini sesekali sang putri  muncul ditengah untuk mengambil air didasar air terjun nglirip.

Putri bertapa itu disebut putri nglirip maka ia kecewa kalau ada orang bercumbu rayu disekitar air terjun. Warga menyakini putri nglirip akan marah jika rumahnya disekitar rumah yaitu air terjun dipakai untuk pacaran
Secara kasat mata air terjun nglirip mengundang pesona, akan tetapi sebaliknya ada tradisi melegenda yang masih melekat pada warga setempat, yaitu Nglirip menyimpan  pantangan untuk dijadikan tempat pacaran oleh sepasang sejoli yang tengah mabuk asmara apalagi sepasang pengantin baru.

Mungkin secara ekstrim bila sudah bosan dengan pacar tanpa sebab dan ingin segera memutus hubungannya, maka boleh dicoba untuk mengajaknya bermain di Nglirip. Begitu kepercayaan masyarakat setempat.


Dan diyakini warga setempat  sang putri  yang patah hati  tetap melajang hingga sekarang. Dan konon karena kesaktiannya Sang Putri tersebut sekarang berpindah  alam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar