Sabtu, 04 Februari 2012

Potret Sang Panutan Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam




Potret Sang Panutan Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam

Muhammad artinya adalah  terpuji, nama yang sangat sesuai dengan kepribadian beliau, nama yang mewakili seluruh sifat-sifat dan perilaku Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Allah sendiri pun memuji kepribadian beliau dalam firman-NYA :

وإنّك لعلى خلق عظيم  ( القلم : 4 )

“Dan sesungguhnya kamu (wahai Muhammad)
 benar-benar berbudi pekerti yang agung (Al-Qolam : 4)

            Berkenaan dengan namanya Rosululloh sendiri bersabda :

لي خمسة أسماء : أنا محمّد وأنا أحمد, وأنا الماحي الذي يمحوالله بي الكفر, وأنا الحاشر الذي يحشر النّاس على قدمي وأنا العاقب الذي ليس بعده نبيّ وقد سمّاه الله رءوفا رحيما (متفق عليه)

“Aku memiliki lima nama, aku adalah Muhammad, Ahmad, dan Al Maahiy (penghapus) yang dengan aku Allah menghapus kekafiran. Aku adalah al Haasyir (yang membangkitkan) sekalian manusia dibangkitkan diatas telapak kakiku, Aku adalah al Aaqib (yang tiada nabi sesudahku).”Dan Allah juga menyebut beliau Ru’ufum Rahiim (yang penyantun dan penyanyang). (HR. Muttafaqun ‘Alaih).

            Berkenaan dengan sifat Nabi yang penyantun dan penyanyang, Abdullah bin amr radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan hadits dari Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam, Nabi Bersabda :

الراحمون يرحمهم الرحمن ارحموا أهل الأرض يرحمكم من فى السماء. (رواه أحمد وأبو داود)

“Orang-orang penyanyang disayang oleh Allah yang Maha Rahman, sayangilah penduduk bumu maka kalian akan disayangi yang berada diatas langit (Allah Azza Wa Jalla).
(HR. Ahmad dan Abu Dawud)”

            Demikian sekilas potret Sang Panutan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam , semoga kita bisa meneladani apa yang telah dicontohkan beliau, menghidupkan sunnah beliau dan bersama dalam syafaatnya besok di kehidupan akhirat kelak. Amin. Jwt

3 komentar:

  1. Seorang suri tauladan yang luarbiasa bagiku karena disaat skaratul maut menghampirinya, Ia masih menyebut nama ummatnya :)

    BalasHapus
  2. Hallo Mas JoyoJuwoto.... Saya datang lagi. Saya lupa sudah kasih tahu pa belum?
    Saya yakin anda belum melihatnya, saya memberikan suatu penghargaan yang special untuk anda, mohon dilihat sekali lagi dan diambil..... tempatnya ada di sini http://harunarcom.blogspot.com/2012/01/award-pertama-dari-campor-bawor-dan.html

    BalasHapus
  3. Kak Juwita...betul Kak, Pak Harunterima kasih atas apresiasi bapak..segera saya kunjungi pak..suwun

    BalasHapus