Rabu, 29 Juni 2011

Serial Menjadi Orang Tua Bijak/ bagian 8


8. Bermainlah bersama anak anda

Mengapa ?
Anak akan merasa disayang dan dihargai jika orang tua mau meluangkan waktu dan bermain bersamanya. Kegiaatan bermain juga bertujuan melatih perkembangan kemampuan bahasa dan sosialisasi anak.

Bagaimana ?
-          Ciptakan suasana gembira
-          Nikmatilah kegiatan ini bersama anak anda. Tersenyum dan tertawalah
-          Sering-seringlah mengajak anak berbicara agar dia mendapat kata-kata baru. Beritahu nama-nama benda yang ada di sekitarnya
-          Dalam setiap kesempatan, manfaatkan apa saja di sekitar agar perbendaharaan pengetahuan dan pengalaman anak bertambah
-          Tunjukkan dan peragakan hubungan sebab akibat dari suatu kejadian untuk merangsang daya pikirnya. Misalnya memasukkan benda dalam kaleng sambil menghitung satu, dua, tiga, dan seterusnya. Kemudian tutup kaleng dan goyangkan sehingga menimbulkan suara. Katakana “Dengar bunyinya” kemudian, keluarkan benda-benda dari kaleng dan goyangkan kalengnya. Sekarang katakana. “Nah, sekarang tidak berbunyi lagi.”
- Bernainlah petak umpet. Tutup wajah anda dengan selimut selama beberapa detik dan bukalah sambil berkata :Ciluk ba!” selanjutnya tingkatkan permainan ini dengan pergi serta bersembunyi di balik kursi atau dinding untuk waktu yang lebih lama. Permainan ini akan berguna untuk pemisahan dengan anak tanpa rasa cemas. (Tunggu poin 9)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar