Sabtu, 22 Januari 2011

RPP seni Budaya Kelas VII Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                   :
Mata Pelajaran                        : Seni Budaya/Seni Kaligrafi
Kelas/Semester                        : VII ( tujuh )/1 ( satu )
Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi               : 1. Mengapresiasikan Seni Kaligrafi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mengidentifikasi Jenis Seni Kaligrafi dan macam-macamnya
      
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk          :
1.      Mendeskripsikan pengertian seni secara umum
2.      Mendeskripsikan pengertian seni kaligrafi
3.      Mengetahui macam-macam bentuk khot/kaligrafi arab

           
B.     Materi Pembelajaran      :
1.      Referensi tentang pengertian seni dan kaligrafi
2.      macam-macam bentuk khot/kaligrafi arab


C.    Metode Pembelajaran     : Metode Baca Aktif dan Tanya Jawab

D.    Skenario/Langkah-langkah  Kegiatan Pembelajaran
a.       Motivasi dan Apersepsi
                                         Siswa melihat tayangan slide/contoh gambar ilustrasi
b.      Kegiatan Inti   :
1.      Membaca referensi tentang seni kaligrafi
2.      Melihat macam-macam khot/kaligrafi arab dan mengidentifikasi nama-nama serta bentuknya
3.      Tanya Jawab tentang seni kaligrafi dan bentuknya
c.       Kegiatan Penutup
Refleksi : Siswa mengerjakan tes tulis


E.     Sumber belajar  
1. Buku teks Slide /contoh –contoh
2. gambar ilustrasi
3. Peragaan Guru



F.     Penilaian    
                                      

Indikator
Teknik
Peilaian
Bentuk
Instrumen
 Instrumen
Mengidentifikasi pengertian seni dan seni kaligrafi
Tes tulis
Uraian singkat


Apa yang dimaksud dengan seni?
Jelaskan dengan singkat pengertian kaligrafi dan jenis-jenisnya !

                    

Contoh lembar penilaian seni rupa
                 
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Kelengkapan devinisi untuk tiap istilah



Kedalaman pengetahuan tentang istilah



Ketepatan devinisi untuk tiap istilah



Devinisi bersifat objektif



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
 
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

  
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



..........................................                                        ................................                                                        NIP/NIK                                                                             NIP/NIK








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                   :
Mata Pelajaran                        : Seni Budaya/Seni Kaligrafi
Kelas/Semester                        : VII ( tujuh )/1 ( satu )
Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi               : 1. Mengapresiasikan Seni Kaligrafi
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Mengetahui sejarah Kaligrafi arab dan Perkembangannya dari masa ke masa
      
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk          :
1.      Mendiskripsikan Kaligrafi di masa dahulu
2.      Mendiskripsikan kaligrafi di masa Islam
3.      Mendiskripsikan kaligrafi kontemporer
4.      Mendiskripsikan keragaman jenis, bentuk, dan makna seni kaligrafi


B.     Materi Pembelajaran      :
1.      Sejarah kaligrafi dari masa lampau sampai masa kontemporer
2.      Beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan dan fungsi karya seni kaligrafi


C.    Metode Pembelajaran     : Metode Baca Aktif dan Diskusi kelompok


D.    Skenario/Langkah-langkah  Kegiatan Pembelajaran
a.       Motivasi dan Apersepsi          :
Menanamkan dalam jiwa siswa rasa bangga terhadap Islam dan kebudayaannya yang disinari oleh intisari ajaran Al-Qur’an dan sunnah.
b.      Kegiatan Inti   :
1.      Membaca referensi sejarah seni kaligrafi
2.      Mengetahui manfa’at seni kaligrafi bagi Islam dan kebudayaannya
3.      Melihat teks Al-Qur’an generasi pertama dan maha karya para seniman muslim dari masa ke masa
4.      Mendiskusikan keragaman jenis, bentuk , fungsi dan makna seni kaligrafi.
c.       Kegiatan Penutup
Refleksi : Presentasi hasil diskusi kelompok dan Tanya jawab.


E.     Sumber belajar  
1.      Buku teks
2.      Slide /contoh –contoh gambar ilustrasi
3.      Peragaan Guru
F.     Penilaian    
                                      

Indikator
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen
 Instrumen
Mendiskripsikan sejarah singkat penulisan kaligrafi dari masa kemasa

Mendiskripsikan beragam jenis, bentuk, fungsi dan makna seni kaligrafi dalam Islam.
Tes tulis




Diskusi dengan teks tertulis


Uraian singkat




Membuat teks yang berisi jenis, bentuk, fungsi dan makna kaligrafi dalam Islam
Jelaskan dengan singkat sejarah penulisan kaligrafi dari masa ke masa


Diskusikanlah per kelompok tentang jenis, bentuk, fungsi, dan makna seni kaligrafi dalam Islam

                    

Contoh lembar penilaian seni rupa
                 
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keakuratan jenis karya kaligrafi sesuai dengan masanya



Keberagaman jenis dan hasil karya yang diamati



Laporan hasil karya dari diskusi dengan menggunakan bahasa dengan baik



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
 
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

Bangilan, .................., ...........
  
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran



..........................................                                        ................................                                                       
NIP/NIK                                                                   NIP/NIK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar